Jakarta - Berbeda dengan layanan pesan pendek dan suara, banyak pelanggan yang masih belum tahu bagaimana cara menggunakan layanan data atau mengakses internet lewat ponsel. Misalnya, bagaimana mengetahui kuota Internet dan melakukan otomatisasi seting Internet.
Untuk membantu pelanggannya, operator seluler XL menyediakan fasilitas cek kuota. Dengan fasilitas ini pelanggan data mengetahui dan mengontrol secara langsung pemakaian layanan datanya. XL menyediakan tiga cara untuk mengecek kuota internet tersebut.
Pertama melalui *123#. “Ini untuk meningkatkan user experience selain pelanggan juga menuntut kualitas layanan yang tinggi,” kata Direktur Service Management XL Ongki Kurniawan dalam acara Media Update XL di Menara Prima, Jakarta, Rabu, 28 Maret 2012.
Pelanggan XL bisa mengecek kuota Internet yang digunakan dengan menekan *123# dari handset mereka, kemudian pilih pengaturan internet lalu pilih cek kuota, pelanggan akan langsung diberikan informasi kuota dan masa aktif.
Kedua melalui SMS. Dengan mengetik KUOTA dan dikirim ke 868, pelanggan akan menerima notifikasi informasi tentang kuota internet yang digunakan.
Ketiga melakukan pengecekan melalui http://123.xl.co.id. Di situs ini pelanggan dapat mengetahui informasi menyangkut jumlah kuota dan masa aktif layanan data mereka.
Dari catatan XL, sejak layanan ini diluncurkan pada 18 Januari 2012, tingkat keberhasilan pengecekan kuota yang sebelumnya hanya 60 persen kini meningkat menjadi 97 persen.
Adapun untuk otomatisasi setting internet, pelanggan XL yang ingin menggunakan layanan internet XL tidak perlu lagi melakukan setting secara manual APN.
Sejak diterapkan pada 2 November 2011 lalu, jumlah keluhan atas setting APN ini menurun hingga 76 persen. Sebelumnya, ada 7.900 keluhan pada pekan terakhir Oktober 2011. Angka itu menjadi hanya sekitar 1.900 keluhan pada Maret 2012.
Sumber : TEMPO.CO
0 comments:
Post a Comment