Your Ad Here

Tuesday, June 5, 2012

Google Kembali Lakukan 'Pencaplokan'

Google Kembali Lakukan 'Pencaplokan'
Raksasa teknologi Google kembali melakukan pencaplokan. Kali ini, Google membeli layanan chatting multi platform, Meebo.

Pengumuman akuisisi Meebo oleh Google ini diumumkan Meebo melalui blog resminya. "Kami dengan senang mengumumkan bahwa Meebo telah memiliki kesepakatan untuk diakuisi oleh Google," demikian pernyataan resmi Meebo.

Meebo pun mengatakan telah tujuh tahun menjalin hubungan dengan penggunanya agar menjadikan situs media sosial mereka lebih mengikat. Bersama Google, Meebo pun berharap punya kesempatan untuk lebih mengembangkan diri. "Lebih besar dan lebih baik untuk membantu pengguna dan pemilik website," tulis Meebo.

Integrasi Google+
Mengutip laman The Verge, juru bicara Google mengatakan alasan Google mengakuisisi Meebo adalah untuk mengintegrasikan Meebo dengan jejaring sosial Google+. Google kemudian akan menyatukan tim dari Meebo dengan tim dari Google+.

"Kami selalu mencari cara yang lebih baik untuk membantu pengguna dalam berbagi konten dan terhunung dengan lainnya melalui website, seperti yang mereka lakukan di dunia nyata," demikian pernyataan juru bicara Google.

"Dengan keahlian yang dimiliki tim Meebo di penerbitan sosial (social publisher tools), kami percaya mereka akan sangat cocok dengan tim Google+," ucap juru bicara Google.

Senilai USS 100 juta?
Baik Google dan Meebo tidak menyebut angka yang disepakati dalam proses akuisisi ini. Namun, sumber di All Things Digital mengatakan harga Meebo mencapai US$ 100 juta.

Dalam tujuh tahun mengembangkan media sosial, Meebo memang memiliki beragam produk. Misalnya saja instant messaging Meebo Messenger, yang berbasis website. Setelah itu, Meebo pun memperkenalkan Meebo Bar untuk para penerbit untuk melakukan social sharing, sekaligus untuk advertising di situs mereka.

Meebo pun mendapat pendanaan yang besar selama tujuh tahun mengembangkan media sosial. All Things D menyebut pendanaan Meebo lebih dari US$ 60 juta, yang 25 juta diantaranya berasal dari pendanaan Series D yang dipimpin perusahaan ekuitas Khosla ventures di 2010. Selain itu, sejumlah penopang Meebo antara lain Sequoia Capital dan Draper Fisher Jurvetson.

Sumber : VIVAnews

0 comments:

Post a Comment